temukan investor mu

cerita pagi tadi… (bagimana kita deal dengan investor )

tiba tiba telp berdering.. ternyata itu dr  salah seorang pengusaha muda dari WMM ,s pagi pagi udah bertanya masalah bagaimana ya cara kita dapet modal usaha, lalu bertanya lagi, waktu kang fery juara nasional wmm oleh pihak bank , ditawari kredit engga? lalu bungan nya rendah engga? lalu prosesnya lama engga? bisa dapet besar engga plafond nya? bertubi tubi pertanyaan seputar pinjaman dilontarkan, sampe bingung saya menjawabnya hehehe..
saya jawab dengan satu jawaban saja… semua mudah bahkan sangan mudah, tapi saya tidak pake modal bank..

banyak sekali pengusaha pemula baru memulai usahanya hasil belum seberapa sudah main main dengan bank, padahal banyak sekali mekanisme lain yg bisa dipakai sebenarya..

yuk kita share sedikit saja okey..
setiap saya membangun usaha , setelah mengalami kebangrutan yang ruaaar biasa hampir M..M an dan saya beruasha bangkit dari semua hal itu, mudah? tidak juga, tapi juga tidak sulit. saya berupaya menghindari bank, terutama bank konventional kenapa?.. padahala ada tawaran 500jt bunga kecil cuma 6% aja pertahun, dan tanpa agunan lagi, tinggal acc langsung cair dan kita tolak…hehe yang mau tau jawabnya PM aja ya.
yg mau saya bagai mana caranya kita bisa deal dengan investor..ada beberapa jenis insvestor yang saya ketahui
1. angel investor
2. fool investor
3. pro investor
dan perlu dipahami investor adalah seseorang yang paham akan segala resiko dalam bisnis.. dan pembagian hasilnya tentunya dari nett profit yang kita dapat..

ini adalah beberapa tips yang pernah saya alami dan ilmu yang saya dapet bagimana deal dengan investor
kalau kita mau dateng ke investor maka pastikan bahwa bisnis kita adalah bisnis yang bisa berbeda dari yang lain, berbeda apanya? pasti nya adalah how to making cash nya.. produk bisa saja sama tapi yang penting adalah kita paham HOW TO MAKING CASH nya dari bisnis yang kita jalani..karena BUSINESS IS NOT WHAT WE DO, BUT HOW WE DO IT.

nah temukan hal ini dari bisnis teman teman maka insha Allah investor pasti mau menanamkan modal nya ke kita
1. siapa kompetitor kita dalam bisnis? pahami ini dan temukan kelebihan kita dari kompetitor
2. siapa saja pemain dalam bisnis ini, dan apa saja yang mereka sudah lakukan
3. apa benefit dari bisnis yang dijalankan
4. bagaima revenue model bisnis kita
5. entri barrier nya bisnis kita seperti apa
6. kenapa kita butuh uang investor
7. resiko yang bisa terjadi seberapa riskan
8. apakah bisnis kita bisa mendapatkan repeat buyer /order yang baik

itu beberapa hal yang kita rumuskan dalam bisnis priview kita kepada investor.. selamat mencoba.. dan hindari RIBA!!!

Tinggalkan komentar